Lightning Conductor atau Penangkal Petir

29/06/2020 12:06:45

Lightning Conductor atau Penangkal Petir adalah rangkaian jalur yang difungsikan sebagai pengaman dari sambaran petir yang disalurkan menuju permukaan bumi sehingga menghindarkan bangunan dari kerusakan fatal dan meminimalisir efek kerusakan pada peralatan elektronik. Pada dasarnya penangkal petir konvensional terdiri dari 3 bagian utama:

1. Batang Penangkal Petir : Berupa batang tembaga yang ujungnya runcing, dibuat runcing karena pada dasarnya muatan listrik mempunyai sifat mudah berkumpul dan lepas pada ujung logam yang runcing. Biasa dipasang pada puncak suatu bangunan.

2. Kabel Konduktor : Terbuat dari jalinan kawat tembaga yang berdiameter antara 1cm - 2cm dan dipasang pada dinding bagian luar gedung, berfungsi menyalurkan aliran muatan listrik dari batang penangkal petir ke tanah.

3. Grounding (Tempat Pembumian) : Berfungsi mengalirkan muatan listrik dari kabel konduktor ke ground rod yang ditanam di dalam tanah atau dengan kata lain "mengubur" muatan listrik dari petir ke tanah. Ground Rod terbuat dari bahan tembaga berlapis baja, berdiameter 1,5cm dan panjang sekitar 1,8m - 3m.

Lightning Conductor (Penangkal Petir)